Minggu, 29 Agustus 2010

transmisi manual

(PERSNELING)
transmisi atau persneling berfungsi mengatur besar-kecilnya
tenaga mesin sesuai dengan kondisi perjalanan kendaraan; Misalnya,
kendaraan memerlukan tenaga yang besar (memerlukan momen roda
yang besar) ketika kendaraan mulai berjalan atau ketika mendaki
tanjakan.

Sebaliknya momen besar tidak diperlukan pada saat roda
membutuhkan putaran yang cepat atau pada saat kendaraan berkecepatan tinggi. Kemudian pada waktu kendaraan mundur, transmisi
mengubah arah putaran mesin sebelum dipindahkan ke roda·roda,
dengan cara menukar kombinasi gigi (perbandingan gigi) pada transmisi, keperluan mengubah-ubah tenaga dorong atau kecepatan kendaraan dapat dilaksanakan dengan mudah.

2. Mekenisme pemindah gigi
Ada dua tipe mekanisme pemindah gigi yang digunakan pada
mobil, yajtu pemindah gigi tidak langsung dan pindah gigi langsung.
pada pemindah gigi yidak langsung, tuas pemindah umumnya ditempatkan di bawah roda kemudi (terpisah dari transmisi) dan dihubungkan dengan garpu pengatur (shift fork) yang terdapat di dalam transmisi.

Garpu pengatur terdiri atas batang-batang dan tuas~tuas
penghubung

Pada pemindah gigi langsung tuas pemindah terletak langsung
pada transmisi. Mekanisme pemindah gigi langsung ini umumnya
digunakan pada kendaraan dengan mesin di depan dan penggerak roda
belakang.


Transmisi otomatis
Transmisi otamatis merupakan perpaduan kopling dengan transmisi yang dapat melakukan pemindahan gigi secara otomatis. Fungsi kopling pada transmisi ini dilakukan oleh torque conventer Torque converter juga berfungsi memperbesar momen mesin.

dan

sumber:wawan-friens.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar